Pakaian ; Dibuat untuk anda, bukan sebaliknya.

Pakaian adalah sesuatu berbahan kain atau serat yang dikenakan oleh tubuh.Dari definisi diatas bisa dipahami fungsi utama Pakaian adalah sebagai pelindung/penutup tubuh dari lingkungan sekitar. Seperti panas, dingin, terpaan angin dan lain sebagainya (termasuk dari lirikan anda ....hehe)

Disamping fungsi utama ini, berkembang pula fungsi/nilai lain dari pakaian. Seperti nilai estetika, fungsi penunjuk identitas (seragam sebuah institusi), pembeda status sosial dan fungsi/nilai lain sebagainya.

Karena blog ini mengkhususkan kontennya di bidang Tailoring, maka kami tidak akan merinci satu persatu nilai/fungsi tersebut. Kami hanya (berusaha) menuliskan definisi Pakaian(dan juga istilah-istilah lain yang berada dalam label "Terma" di blog ini) dan fungsi/nilainya dalam  pengertian yang dipahami dalam dunia Tailoring.

Definisi gampangnya (dalam dunia Tailoring), Pakaian adalah "produk yang dihasilkan oleh Tailor dalam proses Tailoring". Definisi sederhana (dan ngasal) ini mungkin kurang tepat dan tidak akan anda temukan di kamus.Namun untuk keperluan penyamaan perspektif, ketika kami menuliskan kata Pakaian, maka yang dimaksud adalah merujuk pada definisi diatas.

Istilah (resmi) lain dari Pakaian yang sering digunakan dalam dunia Tailoring adalah Clothing. Pemakainya disebut Clothier.

Dalam Tailoring, Pakaian/clothing  adalah hasil komunikasi dua arah antara Clothier/Pemakai dan Tailor. Dalam prosesnya, pertama Tailor akan mencatat preferensi (termasuk permintaan style) yang di inginkan, Dilanjutkan dengan pengambilan ukuran.

Setelah itu Tailor akan menerjemahkan ukuran dan preferensi tersebut ke dalam bentuk gambar/pola, dilanjutkan dengan menjahit pola tersebut sekedarnya.
Setelah itu Pemakai/Clothier akan diminta melakukan fitting untuk memastikan bahwa pola yang telah dijahit tadi sesuai dengan tubuh dan preferensi yang diminta.
Jika dan hanya jika pola yang difitting ini telah benar-benar sesuai, baru proses akhir untuk penyelesaian pakaian ini bisa dilakukan.

Inilah kenapa Pakaian hasil Tailoring membutuhkan proses yang lama. Tetapi proses yang lama (juga dana) inilah yang pada akhirnya akan menghasilkan Pakaian yang lebih fit (sesuai) untuk anda.
Bila industri garment membuat pakaian untuk bisa dibeli-pakai siapa saja, maka dalam Tailoring, Pakaian hanya dibuat untuk anda dan hanya anda seorang.
atau dalam bahasa lain, Pakaian menyesuaikan tubuh anda, bukan sebaliknya

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komentari dengan g+ (dilarang spam)