Thursday, November 23, 2017

Blaser Batik Pria Full Canvassed

Blaser batik

Salam, kemarin kami mengerjakan pesanan pelanggan yang berupa blaser pria dari bahan batik. Dalam pengerjaannya sengaja kami menggunakan interfacing full canvassed, karena contoh dan ukuran yang dijadikan contoh adalah jas yang full canvassed (yang juga dipesannya dari kami). Sebagai catatan pribadi dan referensi bagi teman seprofesi atau pelanggan, dipostingan ini akan kami share sedikit pengalaman yang kami dapatkan setelah mengerjakan blaser batik pria full canvassed ini.

Seiring meningkatnya tren pemakaian batik, penggunaannya untuk berbagai jenis pakaian pun juga meningkat, termasuk diantaranya untuk jas/blaser. Pelanggan kami ini  menyebut pesanannya sebagai jas batik. Meskipun, kalau anda membaca postingan kami tentang Perbedaan Jas dan Blaser, sebutan yang benar mestinya adalah Blaser. Alasannya, disamping karena motif batik yang kaya warna, juga karena bahan yang dipakai tidak satu setelan dengan celana yang dipakai.

Seperti yang kita tahu, kebanyakan batik dibuat dari bahan berjenis katun. Bahan jenis ini sebenarnya agak kurang pas bila dipakai untuk jas/blaser. Bahan ini juga sangat mudah kusut. Tapi mudah kusutnya bahan bukanlah penyebab kenapa tidak pas untuk jas/blaser, karena bahan berjenis linen pun mudah kusut tetapi jamak dipakai untuk jas/blaser. Kesulitan utama bahan adalah karena terlalu tipis dan berat bahannya yang terlalu ringan.

Bawah jas batik

Kain yang terlalu tipis umumnya sangat sulit dimanipulasi dengan setrika. Dalam proses tailoring jas atau blaser, ada bagian-bagian tertentu yang harus susutkan dan dimelarkan. Ini dilakukan menggunakan manipulasi setrika. Ini agak sulit dilakukan pada bahan ini. Solusinya, mungkin harus diakali pada proses cutting pola. Area lengan misalnya, bila biasanya kelengkungan siku dalamnya sekitar masuk 1.5 sampai 1.75 cm pada bahan lain, pada batik katun sebaiknya dibikin 1 cm saja. Sehingga tidak terlalu butuh dimelarkan dengan manipulasi strika. Untuk kerung lengan sebaiknya kerutannya juga tidak terlalu banyak, yang biasanya bisa lebih dari 3.5 cm, sebaiknya jadikan malsimal 3.5 cm saja.

Lengan jas batik

Bahan yang terlalu ringan juga sering mengaburkan shape/atau bentuk jas/blaser. Seringkali duduk-jatuhnya kain tidak seperti yang kita perkirakan. Tapi untungklah untuk blaser ini kami menggunakan interfacing full canvassed. Sehingga ringannya bahan ini tertolong oleh beratnya haircanvas yang jadi interfacingnya.

Lengan blaser batik

Batik, dalam proses pembuatannya menggunakan malam (sejenis lilin) yang nanti di-luruhkan pada proses akhir. Masalahnya,  pe-luruh-an malam ini seringkali tidak sempurna, sehingga disana-sini masih banyak yang tertinggal, sehingga menyebabkan ke-kaku-an dan ketebalan bahan menjadi tidak merata. Ini juga bisa menimbulkan kesulitan tersendiri ketika bahan ini dijahit menjadi jas/blaser. Karena itu sebaiknya memakai bahan batik yang pe-luruh-an malamnya sebaik mungkin.

Kerah jas batik

Pertimbangan berikutnya adalah pemilihan motif batik dan lebar bahan yang dibutuhkan. Bahan batik umumnya dijual per-potong, dengan panjang bervariasi antara 2 meter sampai 2.5 meter. Untuk batik dengan motif yang di desain menyatu (motifnya satu kesatuan yang bisa digabungkan), sebaiknya menggunakan yang panjangnya 2.5 cm. Atau, kalo panjang bahannya nya 2.25 meter, sebaiknya cari yang bermotif acak sekalian (tidak beraturan). Tidak direkomendasikan memakai bahan dengan panjang 2 meter saja.
Belahan samping jas batik

Proses pembuatan saku, kerah dan detail-detail lainnya, bahan batik ini relatif lebih mudah dikerjakan bila dibandingkan dengan bahan biasanya. Kecuali untuk som, karena sisa-sisa malam agaknya membuat jarum agak sulit ditusukkan.
Lubang kancing jas batik

Secara keseluruhan, blaser batik pria full canvassed ini cukup menantang dan menyenangkan untuk dikerjakan. Dan tidak ada salahnya menjadikan blaser batik full canvassed ini menjadi sebuah tren, bergabungnya dua kultur tradisional yang berbeda, Teknik membatik tradisonal kita, dan teknik tradisional tailoring eropa.

Blaser batik full canvassed

Salam Pembelajar



This Is The Newest Post

Komentari dengan g+ (dilarang spam)
EmoticonEmoticon